yuri

Macam-Macam Genre Film Yang Perlu Kamu Ketahui



jenis film


Genre Film - Dunia film emang ga ada matinya, sejak film muncul pertama kali pada tahun 1890an, film pun mulai berkembang dan menyebar keseluruh penjuru dunia. Tak bisa dipungkiri film saat ini sudah menjadi salah satu hiburan favorit bagi masyarakat, mulai dari menonton film di televisi, membeli dvd, hingga menonton langsung di bioskop.  Bisa dibilang film sudah menjadi makanan sehari-hari kita, namun tidak semua dari kita tau mengenai film lebih dalam, termasuk tidak terlalu mengerti dengan genre film atau jenis film.

Genre film atau jenis film ada banyak sekali dalam dunia perfilman, namun tidak banyak yang tau, bahkan lucunya ada yang menyebut jenis film sesuai dengan adegan didalamnya, contohnya ketika menonton film action, itu disebut dengan film berantem-beranteman atau film tembak-tembakan, smile, film romance disebut dengan film cinta-cintaan, smile,dll. Nah disini saya akan kasih sedikit informasi mengenai berbagai genre film yang ada di dunia biar kamu ga salah lagi ya ngomongnya.


1. ACTION

Genre film action adalah genre film yang banyak menggambarkan aksi pertarungan atau laga, film action termasuk genre favorit ya terutama bagi cowok, tapi ada juga si cewek yang suka film action. Film action biasanya mempunyai pemain utama yang badaasss, keren dan pasti jago berantem. Smile
Contoh : The Expendables, Taken, The raid,
 


2. COMEDY
Film yang menghadirkan serangkaian komedi lucu yang bertujuan membuat penonton tertawa. Film comedy adalah genre film favorit saya, well siapa sih yang ga suka nonton film komedi, mungkin dengan menonton film komeddi kita bisa tertawa lepas, walaupun ada juga si film komedi yang gak lucu, tapi itu kembali ke selera humor masimg-masing. Smile
Contoh : TED, semua film Warkop DKI, The Hangover

3. HORROR
Film yang menceritakan kisah horor, mistis, umumnya mengisahkan soal hantu yang bertujuan membuat penonton ketakutan. walaupun film film horror meghadirkan kisah yang serem-serem, nyatanya banyak yang menyukai genre film yang satu ini. Kalo nontonya di bioskop, Film ini banyak digunakan para cowok untuk modus ke ceweknya, iykwim,smile, please dont do that.
Contoh, The conjuring, The Doll, Insidious.
 
4. SCI-FI/ SCIENCE FICTION
Film yang menceritkan tentang sains fiksi dan teknologi. Buat yang suka dengan dunia sains atau ilmiah, tentu ini menjadi genre film favorit. Sci-Fi umumya menggambarakan tentang masa depan dimana teknologi manusia yang semakin maju.
Contoh : Interstellar, The Martian, Gravity
 
5. DRAMA
Film yang menghadirkan beragam konflik drama dari beberapa karakter yang ada. biasanya bercerita tentang kehidupan sehari-hari yang melibatakan emosi dan perasaan. film drama biasanya bisa membuat penonton untuk terbawa suasana dalam, contohnya ketika adegan sedih bisa membuat penonton juga merasakn kesedihan.
Contoh : The Sawshank Redemption, The Beautifull Life
 

6. ANIMATION
Film kartun yang pembuatannya menggunakan teknologi animasi. Pembuat animasi disebut dengan animator.Film animasi sendiri ada yang 2d dan ada banyak yang sudah menggunakan teknologi 3D. biasanya film animasi menghadirkan karakter-karakter yang lucu sehingga disukai anak-anak. Tapi orang dewasa juga banyak yang menyukaai animasi. Terutama animasi dari jepang yang disebut dengan anime. Vvvviiiibbuu looo tavvvvooorann boozzzz
Cotoh : Frozen, Despicable me, Naruto. The battle of surabaya
 
7. ADVENTURE
Film yang menceritakn tentang sebuah petualangan dan penjelajahan ke suatu tempat/lokasi untuk mencapai atau mendapatkan sesuatu. biasanya karakter utamanya mendapatkan banyak rintangan untuk mendapatkan sesuatu tersebut. Ini juga menjadi genre film favorit saya, terutama film petualangan yang banyak mengekspos pemandangan alam yang indah.
Contoh : The secret live of walter mitty, Everest.
 
8. FANTASY
Film yang memberikan cerita dan karakter-karakter yang bersifat fantasi dan imajinatif, alias tidak ada di dunia nyata. biasanya banyak menggunakan magic dan supranatural dalam alur ceritanya.
Contoh : The Lord of the Ring, Harry Potter, Avatar
 
9. MYSTERY
Film yang mengandung unsur misteri dan penuh teka-teki. pada film mystery biasanya menceritakan tentang sebuah penyelidikan atau investigasi tentang suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi, serta mempunyai alur cerita yang tidak  mudah ditebak penonton.
Contoh : Seven, Memento

10. ROMANCE
Film yang menceritakanromantisme dunia percintaan. Siapa sih yang tidak menyukai film tentang cinta yang romantis, mulai dari kalangan remaja hingga dewasa tentu juga menyukai film romance, film romance sangat cocok jika kita menonton bersama pasangan, yang ga punya pasangan jangan mewek ya. Smile.
Contoh : The fault in our Stars, Dear John.

11. THRILLER
Film yang memberikan unsur ketegangan kepada penoton sepanjang film diputar. Biasanya menghadirkan cerita tentang pembunuhan, terror dan banyak menampilkan aksi-aksi yang mengancam nyawa.
Contoh : Jaws, The sixth sense
 

12. WAR
Film yang bersetting latar belakang tentang peperangan. bercerita tentang perang yang tejadi
contoh : Saving Private Ryan, Black hawk down, Fury

13. MUSICAL
Film yang menghadirkan tema musikal. Genre film ini biasanya bentar-bentar nyanyi. Tokoh dalam film akan banyak menyanyikan lagu dan menari yang sesuai dengan alur cerita. namun tidak hanya menyanyi dan menari tapi juga memiliki alur cerita utama.
Contoh : August Rush, La La Land
 

14. FAMILY
Film yang sangat cocok di tonton bersam keluarga karna mengandung pesan moral keluarga. biasanya mempunyai cerita-cerita yang ringan sehingga mudah juga dipahami anak-anak
contoh : Miss Peregrine home for perculiar Children, The jungle book

15. DOCUMENTARY
Film dokumentasi yang membahas tentang suatu kenyataan topik/objek tertentu. Film dokumenter dibuat secara real dan menampilkan fakta yang terjadi dalam kehidupan.
Contoh : This is it, Earth
 

16. BIOGRAPHY
Film yang menceritakan kisah hidup atau riwayat perjalanan seorang tokoh nyata. biasanya menceritakan kisah hidup seorang tokoh yang terkenal.
Contoh : The pursuit of happyness,The king speech's
 

17. HISTORY
Film yang menceritakan sebuah peristiwa sejarah atau cerita di masa lalu.
contoh :12 years a slave, Sang pencerah

18. CRIME
Film yang mengambil tema kriminal atau kejahatan sebagai setting utama cerita. baik kejahatan yang sedang terjadi ataupun telah terjadi. biasanya bercerita tentang kehidupan seorang penjahat
Contoh : The Godfather, The Town
 

19. SPORT
Film yang bertemakan dunia olahraga atau berlatar belakan tentang olahraga
contoh : Goal, The Fighter


20. WESTERN
Film barat yang bercerita ala ala koboy di zaman dulu.
contoh : The Magnificient seven, Django 


Nah itu dia berbagai Genre film yang ada dalam dunia perfilman. Jangan salah lagi ya, Sebenarnya tidak semua film mengandung satu genre, banyak juga film-film yang mempunyai 2-3 genre, atau menggabungkan genre-genre film yang ada, contohnya, Comedy romance, yaitu film komeddi yang juga dibumbui dengan drama percintaan. Atau hhorror comedy, yaitu film horror yang di buat dengan unsur komedi.





Subscribe to this Blog via Email :